Senin, 02 September 2013

STOPWATCH

Hai Sobat-Sobat ^_^,, untuk melengkapi alat alat ukur yang sudah saya post sebelumnya,, saya akan melengkapi dengan salah satu alat ukur waktu. wah, apa itu ya? itu adalah STOPWATCH. apakah itu stopwatch? yapp. kalau tentang stopwatch sobat pasti sudah mengetahuinya kan??. tapi biar lebih jelas, saya akan menjelaskannya lebih rinci lagi

A. PENGERTIAN STOP WATCH.
Stopwatch adalah suatu alat ukur yang dugunakan untuk mengukur waktu yang dibutuhkan dalam melakukan kegiatan yang memiliki ketelitian sampai tingkat detik.

B. GAMBAR DAN BAGIAN BAGIAN STOPWATCH.
berikut adalah bagian bagian dari stopwatch :
a. tombol start/stop berfungsi sebagai tombol untuk memulai pengukuran (tombol start) dan untuk mengakhiri pengukuran waktu (tombol stop). Tombol ini terletak menjadi satu.
b. Tombol kalibrasi/ pembuat posisi nol berfungsi untuk mengkalibrasi sebelum pengukuran dan pembuat posisi jarum menunjukkan angka nol. Stopwatch analog ini ada yang berjenis tombol start/stop dan kalibrasi/pembuat nol dipisah, ada pula yang digabung.
c. Jarum penunjuk menit berfungsi untuk menunjukkan hasil pembacaan dalam menit dan jarum penunjuk detik untuk menunjukkan hasil pembacaan dalam detik.
d. Skala pengukuran dalam menit dan dalam detik merupakan ruas atau selang antara detik dengan satu detik diatasnya atau dibawahnya, ruas atau selang antara menit dengan satu menit diatasnya atau dibawahnya.


C. CARA MENGGUNAKAN STOPWATCH.
Langkah-langkah yang dapat dilakukan dalam penggunaan stopwatch adalah sebagai berikut:
a. Menyiapkan stopwatch yang akan digunakan untuk mengukur.
b. Memastikan bahwa keadaan stopwatch dalam keadaan nol atau telah terkalibrasi.
c. Menekan tombol start untuk memulai pengukuran waktu.
d. Menekan tombol stop untuk mengakhiri pengukuran waktu.
e. Membaca hasil pengukuran.
f. Untuk mengulangi pengukuran maka menekan tombol start/stop 1 kali dan jarum akan kembali ke nol kemudian tekan tombol start lagi untuk melakukan pengukuran kembali dan stop untuk mengakhiri. Begitu seterusnya.


D. CARA MEMBACA STOPWATCH.
Pada stopwatch analog, bila pengukuran lebih dari 1 menit maka pertama sekali lihatlah jarum yang menunjukkan menit (jarum yang pendek) pada stopwatch baru kemudian lihat jarum yang menunjukkan detik (jarum yang panjang) dan jumlahkan nilai tersebut maka akan didapatkan waktu hasil pengukuran.

Sekian info dari saya ^_^, SEMOGA BERMANFAAT  . . .

4 komentar:

  1. Masih bingung dimana bagian-bagian tersebut dalam stopwatch. Digambarnya tidak diberi keterangan :( BTW, overall sudah bagus lah

    BalasHapus
  2. it's ok lah, walau aku masih bingung sedikit

    BalasHapus